Sabtu, 26 Juli 2008

salak

pasti tau dong yang namanya salak...
saya suka berteriak-teriak kegirangan kalo mamah pulang kator bawa salak pondoh..
rasanya bisa abis sekilo sendirian..
apalagi kalo ada yang baru pulang kampung terus ngirimin salak kerumah..
wuih.. rasanya hati berbunga2 sekali..
saya memang sangat menyukai buah ini, meski konsumsi berlebihan akan menyebabkan sembelit (walopun udah makan kulit arinya sekalian)

salak atau yang bahasa inggrisnya snake fruit alias buah ular (masi sodaraan sama dragon fuit kali yah) memang buah aseli indonesia (kata mas wiki).
tapi salak bangkok itu beda sama salak pondoh, ataupun sama salak bali...
salak bangkok itu gak seperti buah2an versi bangkok lainnya yang biasanya lebih gede ukurannya dari versi indonesianya..
salak bangkok itu lebih runcing2 dan kurus2..
yah mungkin menyesuaikan sama karakteristik orang sini yang juga kurus2 itu kali yah
udah lama saya ingin sekali mencicip salak versi thailand ini..
dari baunya aja udah manis, bikin ngences...
tapi gak pernah ada kesempatan dan keteguhan iman untuk mencobanya..

pernah sekali nyoba versi manisannya waktu makan2 dibayarin di restoran seafood kemaren (sama calon bos nya bije.. makasiy om, tante )
tapi ya itu versi manisan yang dibekuin didalem gelas2 plastik terus waktu disajiin ditumplekin gitu kedalam mankuk cantik..
waktu itu sih rasanya enak, apalagi pake embel2 gratisan.. tentu mangkin nikmat rasanya..

akhirnya keinginan saya mencoba buah salak bangkok ini kesampean juga kemaren..
iseng waktu di talad nat beli sekilo, secara harga per kilonya cuman 30 baht atau sekitar 9ribu rupiah.

tapi ternyata setelah mencoba saya kuciwa...
rasanya tak seenak salak pondoh kesukaan saya..
ngeliat penampakan dalemnya aja saya langsung ilfil..
alhasil itu satu piring salak bangkok masih tercogok dimeja makan kami..

memang benar kata bu mega..
tak usah lah orang indonesia studi banding ke thailand..
hihihihi

Tidak ada komentar: